Konsultan Rencana Bisnis Atau Penulis Bagaimana Anda Memilih

Konsultan rencana bisnis dan penulis rencana bisnis adalah istilah yang serupa. Banyak orang tetap bingung di antara keduanya sampai mereka mampu. Ketika Anda memiliki persyaratan perencanaan bisnis, tidak ada pilihan lain selain mengetahui perbedaannya. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda mungkin perlu salah satunya saja. Pilihan Anda akan membuat perbedaan pada rencana Anda dan juga anggaran Anda.

Kapan Saya Membutuhkan Penulis,

Ketika Anda memiliki keahlian yang diperlukan untuk menyusun strategi Anda sendiri, Anda tidak benar-benar membutuhkan konsultan rencana bisnis. Anda akan membutuhkan tim profesional yang memiliki pengalaman dalam menyusun strategi. Mereka harus mampu mengekstraksi dan menyusun informasi yang relevan dari bank data. Riset pasar dapat di-outsource karena merupakan pekerjaan yang membosankan dan rumit.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk merumuskan rencana, yang Anda butuhkan hanyalah seorang penulis yang dapat menjelaskan maksud Anda dalam bahasa bisnis yang tepat. Rencana tersebut seharusnya tidak terlihat ambigu, membingungkan, atau bertele-tele. Seorang penulis memiliki keterampilan untuk menulis rencana dengan jelas, tanpa melewatkan detail penting.

Kapan Saya Membutuhkan Konsultan Rencana Bisnis,

Konsultan adalah pilihan yang tepat jika Anda masih pemula dalam perencanaan. Jika Anda memiliki kejelasan tentang ide bisnis dan bagaimana Anda ingin melanjutkannya, tetapi tidak memiliki pemahaman tentang dinamika pasar dan cara kerja di dunia usaha, konsultan yang disewa akan memandu Anda.

Layanan konsultan rencana bisnis meliputi melakukan riset pasar, membuat strategi, memproyeksikan kebutuhan finansial, menyarankan sumber pendanaan terbaik, memperkirakan pendapatan dan laba, menyusun dokumen rencana, dan memberikan umpan balik.

Menurut layanan yang diberikan, ada perbedaan dalam jenis uang yang dibebankan oleh penulis rencana bisnis dan konsultan. Pekerjaan konsultan membutuhkan lebih banyak upaya daripada pekerjaan penulis. Karena itu, konsultan mengenakan biaya yang lebih tinggi.

Dalam kedua kasus, apakah Anda menyewa konsultan atau penulis, ada hal-hal tertentu yang menuntut perhatian Anda. Ada tiga bagian penting dari semua rencana bisnis yang harus Anda ulas dengan cermat. Jika memungkinkan, tulis sendiri. Atau, jika Anda tidak pandai menggunakan kata-kata, Anda dapat memberikan konsep kepada penulis dan dia akan memperbaiki bahasa. Tiga bagian yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

Ringkasan Eksekutif: Ini adalah hal pertama dalam dokumen rencana bisnis Anda; hal pertama yang akan dibaca investor Anda. Jaga agar tetap pendek dan segar.

Tujuan Pemasaran: Anda harus tahu apa target audiens Anda dan apa yang ingin dicapai oleh strategi Anda. Jika Anda memiliki tim, diskusikan dengan mereka dan mulailah dengan menetapkan target yang tinggi, tetapi dapat dicapai.

Analisis Kompetitif: Mengetahui persaingan, dan mengetahuinya dengan baik, adalah langkah pertama untuk perencanaan. Anda dapat menganalisis strategi pesaing bersama dengan konsultan rencana bisnis Anda. Tetapi sebelum Anda melakukan itu, Anda harus memiliki pesaing di kiat Anda.

Nilai apa yang sudah Anda ketahui dan apa yang perlu Anda bantu. Adalah kepentingan terbaik Anda untuk membuat keputusan yang bijaksana. Ini akan menghemat banyak usaha atau banyak uang.

Author:

Leave a Reply